Writing. Trying. Blogging.

Selasa, 28 Maret 2017

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP pada Ms.Excel



Vlookup dan Hlookup merupakan bagian dari fungsi Lookup. Lookup digunakan untuk mencari nilai pada baris atau kolom Tertentu.
·         
      1. Vlookup digunakan untuk menentukan suatu nilai tertentu berdasarkan kondisi dimana data diambil dari tabel sumber secara vertikal.

Syntaxnya =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])
Lookup_value                    : nilai yang dijadikan acuan
Table_array                       : tabel sumber data
Col_index_num               : nomor kolom tempat data yang ingin dimunculkan dari tabel

·      2. Hlookup  menentukan suatu nilai tertentu berdasarkan kondisi dimana data diambil dari tabel sumber secara horizontal.
Syntaxnya =HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])
Lookup_value   : nilai yang dijadikan acuan
Table_array        : tabel sumber data
Row_index_num: nomor baris tempat data yang ingin dimunculkan dari tabel.

Penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP

Kali ini kita akan mengisi data-data yang kosong pada tabel dengan mengambil data dari tabel lain. Dalam kasus ini, kita akan membuat daftar penghasilan.

1. Buatlah tabel yang berisikan data berupa nama dan golongan, dan juga buat tabel yang u daftar gaji untuk setiap golongan pegawai.


2.Untuk mengisi kolom gaji pokok pegawai, kita dapat menggunakan fungsi VLOOKUP dan gunakan 2 tabel yang telah disediakan. =VLOOKUP(B5;$M$5:$P$22;2).


3. Ulangi langkah kedua untuk mengisi kolom tunjangan dan transport tetapi kita perlu mengganti syntax col_index_num pada rumusnya menjadi 3 untuk tunjangan dan 4 untuk transport



4. Untuk tunjangan istri kita perlu menggunakan fungsi logika IF yang telah kita pelajari sebelumnya. Logical test nya jika pegawai sudah menikah maka ia mendapatkan tunjangan istri/suami jadi jika diaplikasikan dalam rumus menjadi =IF(G5=”M”;10%*D5;0)


5. Untuk mendapatkan total gaji kita hanya perlu menjumlahkan seluruh gaji dan tunjangan dengan menggunakan =SUM(D5:F5;H5)


6. Buatlah daftar tarif pajak untuk setiap golongan pegawai secara horizontal, sebagai contoh penerapan fungsi HLOOKUP 


7.Untuk mengisi kolom potongan pajak kita menggunakan fungsi HLOOKUP. =HLOOKUP(B5;$D$32:$T$33;2)*I5


8. Terakhir, untuk mendapatkan gaji bersih kita perlu mengurangkan total gaji dan potongan pajak rumusnya langsung saja =I5-J5


Berikut link download tutorial diatas: Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP
Berikut link download file kerja saya: DOWNLOAD FILE
Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat yaaa^^
Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Blogger Templates