Writing. Trying. Blogging.

Minggu, 26 Maret 2017

Penggunaan Fungsi Statistika pada Ms.Excel

Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) yang fungsinya untuk melakukan operasi perhitungan.
Fungsi adalah rumus dalam Ms-excel yang sudah terdefinisikan untuk suatu perhitungan secara otomatis. Penulisan fungsi dalam Ms-Excel diawali dengan tanda sama dengan (=). Penggunaan fungsi akan jauh memperingkas penulisan daripada menggunakan rumus dengan maksud yang sama.
Kali ini, saya akan memberi sedikit penjelasan beberapa fungsi statistik yang disediakan di Microsoft Excel. Dimana fungsi-fungsi statistik dibawah ini adalah fungsi-fungsi dasar yang sangat sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari 


a. Penggunaan fungsi SUM,MIN,MAX,AVERAGE, dan COUNT

Berikut adalah formula dari fungsi SUM,MIN,MAX,AVERAGE, dan COUNT:










Contoh Soal dari penggunaan fungsi SUM,MIN,MAX,AVERAGE, dan COUNT


b. Penggunaan fungsi COUNTIF, COUNTA dan SUMIF

-                   COUNTA dan COUNTIF
Counta digunakan untk menghitung semua banyaknya datum termasuk data teks
Isi sel jumlah hadir dengan fungsi COUNTIF dengan rumus =COUNTIF(C7:H7;”x”)
Isi sel Presentasi kehadiran dengan fungsi COUNTA dengan rumus =I7/COUNTA(C7:H7)


Isi sel Uang honor dengan rumus = =I7*$C$4
-                   SUMIF
Contoh penggunaan fungsi SUMIF



Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Blogger Templates