Microsoft office, satu hal yang sangat penting untuk dipelajari ketika kita mengoperasikan
program aplikasi Microsoft Office Excel, yaitu fungsi Logika. Fungsi Logika
merupakan bagian untuk mencari dan mengetahui data-data yang berhubungan dengan
logika.
Operasi
logika yang digunakan adalah operasi perbandingan. Untuk lebih memperdalam
tentang operasi logika atau perbandingan yang digunakan dalam fungsi logika,
maka perlu diperhatikan beberapa operator logika dan cara penggunanaannya.
Perhatikan
tabel berikut:
LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT FUNGSI LOGIKA
Berikut ini adalah cara atau
langkah-langkah membuat atau menggunakan fungsi logika, yaitu:
1. Masukkan tanda sama dengan (=) terlebih
dahulu pada sebuah sel.
2. Masukkan fungsi dan logika
3. Tekan tombol ENTER
4. Nilai logika akan tampil pada sel
tersebut, yaitu TRUE atau FALSE
Contoh Penggunaan Fungsi Logika (Fungsi AND, OR, dan NOT)
Buat format seperti gambar dibawah ini
(untuk kolom Fungsi And, Or, dan Not)
- Fungsi AND bernilai benar (TRUE) jika semua syarat terpenuhi.
Cara mengunakannya :
1. Pada sel D3 isi/ketikan dengan =AND(A3>0;B3>0;C3>0) ( ENTER )
2. Salin sintaxnya sampai D5
Yang bernilai benar (TRUE) hanya ketiga kriteria syarat tersebut lebih dari 0 jika ada salah satu dari ketiga syarat itu tidak terpenuhi maka yang kkeluar adalah (FALSE)
- Fungsi OR bernilai benar jika ada salah satu syarat terpenuhi maka hasilnya benar (TRUE)
Cara menggunakannya :
1.
Pada sel E3 isi/ketikan dengan
=OR(A3>0;B3>0;C3>0) ( ENTER )
2.
Salin sintaxnya sampai E5
Untuk kolom Or semuanya bernilai benar
karena untuk setiap salah satu categori selnya selalu ada yang benar maka
hasilnya benar (TRUE)
Fungsi NOT
digunakan untuk kebalikan dari nilai benar,maksudnya jika logika yang dimasukan benar maka
hasilnya (FALSE) Cara menggunakannya :
1.
Pada sel F3 ketikan = NOT(D3=E 3)
2, Salin sintaxnya sampai F5
Semoga dapat bermanfaat^^
yuhuuu...bermanfaat sekali
BalasHapusalat cuci ultrasonic