Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet
(lembar kerja elektronik) yang fungsinya untuk
melakukan operasi perhitungan.
Fungsi adalah rumus dalam Ms-excel yang sudah
terdefinisikan untuk suatu perhitungan secara otomatis. Penulisan fungsi dalam
Ms-Excel diawali dengan tanda sama dengan (=). Penggunaan fungsi akan jauh memperingkas penulisan
daripada menggunakan rumus dengan maksud yang sama.
Kali ini, saya akan memberi sedikit penjelasan beberapa fungsi statistik yang disediakan di Microsoft Excel. Dimana fungsi-fungsi statistik dibawah ini adalah fungsi-fungsi dasar yang sangat sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari
a. Penggunaan fungsi SUM,MIN,MAX,AVERAGE, dan COUNT
Berikut adalah formula dari fungsi SUM,MIN,MAX,AVERAGE, dan
COUNT:
Contoh Soal dari penggunaan fungsi SUM,MIN,MAX,AVERAGE, dan COUNT
b. Penggunaan fungsi COUNTIF, COUNTA dan SUMIF
-
COUNTA
dan COUNTIF
Counta digunakan untk menghitung
semua banyaknya datum termasuk data teks
Isi sel jumlah
hadir dengan fungsi COUNTIF dengan rumus =COUNTIF(C7:H7;”x”)
Isi sel Presentasi kehadiran dengan fungsi COUNTA dengan
rumus =I7/COUNTA(C7:H7)
Isi sel Uang honor dengan rumus = =I7*$C$4
-
SUMIF
Contoh penggunaan
fungsi SUMIF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar